Pengiriman Karya

img

A. PERSYARATAN UMUM CALON PESERTA PAMERAN FOTO FFS 2015

Calon peserta pameran adalah fotografer dan masyarakat umum dari berbagai aliran fotografi yang memiliki energi besar untuk terus bereksperimen dan mengekspresikan karya-karyanya.
Calon peserta pameran adalah WNI dan atau WNA .
Calon peserta pameran harus mengisi dan mengembalikan Formulir Keikutsertaan Pameran Foto FFS dan sekaligus mengirimkan file yang akan diikutsertakan dalam proses kurasi selambat-lambatnya tanggal 15 Maret 2015.
Karya fotografi yang diikutsertakan tidak dibatasi oleh tahun pemotretan, lokasi maupun alat yang digunakan, termasuk dengan menggunakan handphone. Karya fotografi tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi.
Foto-foto akan melalui proses kurasi untuk memilih foto yang berhak di-ikutsertakan dalam Pameran Foto FFS 2015.

B. TEMA DAN KATEGORI PAMERAN FOTO FFS 2015

1. Tema Pameran Foto FFS 2015 adalah : Work, Creative, Future ( Kerja, Kreatif & Masa Depan ).

Indonesia, dengan sumber daya manusia (SDM) dan semua potensi alamnya menjadi modal besar bagi keberlangsungan bangsa ini untuk maju.SDM yang berlimpah dari desa hingga kota harusnya juga menjadi pilar besar untuk mencapai keberhasilan pembangunan.Dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa, dimana di dalamnya sekitar 80 juta jiwa adalah remaja dan pemuda yang berpotensi menjadi komunitas masa depan.Bekerja dengan keras di segala bidang dengan kreatifitas tinggi menjadi sumbangsih komunitas untuk turut membangun dan memajukan peradabanbangsa dan dunia. Fotografi sebagai alat komunikasi, kiranya bisa menjadi kampanye untuk meniupkan semangat kerja, kreatif danmasa depan bagi masyarakat luas.

2. Dalam festival foto ini, fotografer dibebaskan untuk bekerja dan mewujudkan kreatifitas pemotretannya dalam berbagai kategori di bawah. Kategori Foto Pameran Foto FFS 2015 & kode kategori-nya adalah :

- Jurnalistik
Ø Single (kode JS) : adalah foto-foto SINGLE dengan pendekatan faktual dari sebuah peristiwa.
Ø Photo Story (kode PS) : adalah rangkaian foto yang disusun berdasar gagasan cerita. Bukan sebuah urutan adegan.

- General Pictorial (kode GP) adalah foto-foto dengan pendekatan keindahan. Bisa berupa landscape, makro, arsitektural.

- B/W portrait (kode BW) adalah foto-foto dengan format Hitam/Putih. Untuk kategori ini, KHUSUS foto portraiture, bisa grup portrait atau tunggal, baik studio maupun outdoor.

- Digital Imaging / kontemporer (kode DI) adalah foto-foto dengan pendekatan foto konseptual dan imajinatif, melalui proses olah digital yang tak terbatas.

- Street Photo (kode ST) adalah foto-foto dengan pendekatan pemotretan spontan di berbagai kawasan.

3. Calon peserta pameran boleh mengirimkan maksimal 5 foto (kecuali kategori photo story), dengan ukuran sisi terpanjang minimal 3000 pixel dengan resolusi 300 dpi dalam format JPEG. Minimal ukuran file 2 MB dan maksimal 5MB.

4. Ketentuan khusus kategori Photo Story : Kuota peserta pameran maksimal 10 orang Calon peserta dapat mengirimkan maksimal 3 judul photo story 1 judul photo story bisa terdiri dari 2 – 12 foto.

5. File dikirim melalui email : ffs2015.pameran@gmail.com dengan subject email : KURASI FFS2015. Formulir pendaftaran bisa diunduh di sini.

6. Tata cara penamaan file sebagai berikut : – Kategori JS – GP – BW – DI – ST : Ø Nama Fotografer_ Kode Kategori_Judul Foto.JPG Ø Contoh : BUDI_ GP_MERDEKA.JPG – Kategori Photo Story : Ø Nama Fotografer_Kode Kategori_Nomer Urut Foto_Judul Story.JPG Ø Contoh : WATI_ PS_01_SINABUNG.JPG.

7. Tata cara penyertaan Caption / Narasi : Kategori Jurnalistik (Single maupun Photo Story) wajib menyertakan keterangan foto (caption) pada tiap foto (dalam IPTC). Khusus Photo Story wajib menuliskan narasi-nya dalam file terpisah (doc/txt).

C. PERSYARATAN UMUM PESERTA PAMERAN FOTO FFS 2015

1. Peserta pameran adalah mereka yang karyanya telah lolos kurasi.

2. Pengumuman hasil kurasi pada tanggal 22 Maret 2015 dan akan diinformasikan melalui email dan media resmi FFS 2015.

3. Peserta yang lolos kurasi akan mendapatkan kuota maksimal 3 foto atau 1 photo story.

4. Karya yang lolos kurasi akan dimuat dalam katalog FFS 2015.

5. Peserta yang lolos kurasi wajib membayar biaya sebagai berikut :

- Biaya keikutsertaan :
Rp. 175.000,- / foto, untuk kategori JS – GP – BW – DI dan ST; apabila mendaftar melalui komunitas foto maka biaya menjadi hanya Rp. 150.000,- / foto.
Rp. 350.000,- / story, untuk kategori PS; apabila mendaftar melalui komunitas foto maka biaya menjadi hanya Rp. 300.000,-.
Setiap peserta mendapat 1 katalog.
Biaya tersebut belum termasuk biaya cetak dan bingkai

- Cetak foto + pembuatan bingkai foto melalui panitia :
Rp. 190.000,- untuk kategori JS – GP – BW – DI dan ST. Rp. 380.000,- untuk kategori PS.

- Transfer selambat-lambatnya pada tanggal 30 Maret 2015 ke:
Bank Mandiri no 142-00-0603601-5 a/n Kari Kuntari Tedjopranoto, dan
Bank BCA no 7880895979 a/n Kari Kuntari Tedjopranoto
dengan mencantumkan keterangan Nama Fotografer.
Sebagai konfirmasi, peserta dapat mengirimkan email kepada Panitia, dengan meng-capture bukti transfer.

6. Peserta yang lolos kurasi, namun terlambat/tidak mentransfer biaya pendaftaran (poin 5) maka karya peserta dinyatakan gugur.

7. Setelah berakhirnya Pameran Foto FFS 2015, panitia akan memusnahkan karya foto yang dipamerkan, untuk menghindari penyalahgunaan dalam bentuk apapun.

8. Panitia tidak berkewajiban mengirimkan/mengembalikan foto yang telah di-cetak + bingkai dan di-ikutsertakan dalam Pameran Foto FFS 2015, kepada peserta.

9. Panitia dapat mengirimkan/mengembalikan foto yang telah di-cetak + bingkai dan di-ikutsertakan dalam Pameran Foto FFS 2015 kepada peserta, jika ada permintaan tertulis dari peserta via email dengan subjek : KIRIM BALIK selambat-lambatnya pada tanggal 31 Mei 2015.

10. Panitia melakukan pengiriman balik karya sebagai berikut :

Hanya berlaku untuk lokasi peserta yang bisa dijangkau oleh JNE. menggunakan jasa kurir JNE, paket regular, sesuai tariff yang ditetapkan JNE. panitia menginformasikan biaya pengiriman balik, kepada peserta, pada tanggal 10 Juni 2015. peserta mentransfer biaya termaksud kepada panitia, Bank Mandiri no 142-00-0603601-5 a/n Kari Kuntari Tedjopranoto,dan Bank BCA no 7880895979 a/n Kari Kuntari Tedjopranoto selambatnya pada tanggal 17 Juni 2015, dengan mencantumkan keterangan Nama Fotografer & Kota.

11. Apabila setelah tanggal 17 Juni 2015, peserta yang sudah meng-email permintaan pengiriman balik, tetapi tidak / belum men-transfer biaya termaksud, maka panitia tidak akan mengirimkan karya-nya.

12. Pengembalian karya peserta yang telah melakukan pembayaran akan dilakukan selambat-lambatnya tanggal 10 Juli 2015.

D. KURATOR

E. MEDIA & DISPLAY PAMERAN

1. Media foto menggunakan photo paper, ukuran 40cm x 60cm, cetak dof.

2. Ukuran bingkai/panel, bahan kayu minimalis, ukuran 60cm x 80cm, TANPA KACA.

3. Khusus kategori photo story, ukuran bingkai maksimal 180cm * 100 cm.

4. Pengaturan dan pemasangan karya-karya adalah hak dan tanggung jawab kurator dan/atau panitia pameran.

Catatan Khusus :
Panitia memperkenankan peserta yang lolos kurasi, dan ingin mencetak + membingkai sendiri, sepanjang sesuai dengan standar pada poin 1 & 2 diatas. Peserta mengirimkan foto yang telah di-bingkai, sesuai standar pada poin 1 & 2 diatas, selambat-lambatnya pada tanggal 20 April 2015 kepada Panitia FFS 2015 : Gedung JX International, Ground Floor No. 9, Jl. Ahmad Yani 99 Surabaya Telp: +6231 70030151.
Jika terjadi kerusakan karya selama berlangsungnya pameran, maka Panitia akan mengganti maksimal sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
Jika terjadi kehilangan karya selama berlangsungnya pameran, maka Panitia akan mengganti maksimal sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).

5. Panitia tidak bertanggungjawab terhadap kerusakan / kehilangan foto dan / atau bingkai yang diterima, hanya memberikan informasi kondisi penerimaan ( melalui foto yang di-emaikan ).

6. Panitia berhak menolak dan/atau tidak memajang karya foto yang dicetak oleh peserta, yang tidak memenuhi standar pada poin 1 & 2 diatas. Hal ini akan di-informasikan melalui email kepada peserta terkait. F. KATALOG Panitia Festival Foto Surabaya 2015 akan mencetak katalog pameran. Setiap peserta akan mendapatkan 1 buah katalog, yang akan dikirimkan melalui pos ke alamat masing-masing peserta.

G. PUBLIKASI & PROMOSI

Penyelenggara Festival Foto Surabaya BERHAK menggunakan karya dari para peserta pameran untuk kepentingan publikasi dan promosi kegiatan. Publikasi festival foto akan dilakukan melalui penyebaran bahan-bahan cetakan, seperti: katalog pameran, poster, dan undangan; serta pembuatan berbagai atribut publisitas kegiatan, seperti : spanduk, umbul-umbul, baliho. Kegiatan promosi pameran melalui kerjasama dengan pihak media massa, cetak maupun audio visual dan komunitas foto serta pihak Ciputra World.